SILABUS
Sekolah : SMA NEGERI AIMERE
Kelas/Semester :
X1/ 2 ( genap )
Mata
Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi :
A.
PERKEMBANGAN SAINS DAN KERJA ILMIAH
Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains.
B. PEMAHAMAN
KONSEP DAN PENERAPANNYA
Melakukan
pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan
karakteristik zat dan dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber
|
|||
|
Pembelajaran
|
Tes
|
Bentuk instrumen
|
Waktu
|
Belajar
|
|||||
|
A.1.
Mengenali perkembangan sains
|
Dinamika Rotasi dan
Kesetimbangan Benda tegar.
|
Siswa mampu
menyimpulkan konsep dari faktor-faktor dan mengkomunikasikannya.
|
Menyimpulkan
konsep dari fakta-fakta dan mengkomunikasikannya.
|
Tes tertulis
|
Tes objektif
|
2 * 45 menit
|
Buku Fisika SMA
|
||
|
A.2
Bersikap ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
A.2.1.Mengembangkan
keingintahuan
|
|
Siswa dapat mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Siswa dapat
membandingkan jawaban masalah dengan informasi yang dapat diperolehnya.
|
Membandingkan
jawaban masalah dengan informasi yang dapat diperolehnya.
|
Diskusi
|
|
|
|
||
|
|
|
Siawa mampu berpendapat
secara ilmiah.
|
Berpendapat
secara ilmiah.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Siswa memiliki rasa
ingin tahu melalui keinginan untuk melakuakan kegiatan.
|
Memiliki
rasa ingin tahu melalui keinginan untuk melakukan kegiatan.
|
|
|
|
|
||
|
B.1
Menerapkan konsep benda tegar, gerak rotasi benda tegar, untuk memjelaskan
konsep momentum pada benda tegar, momen inersia pada berbagai bentuk benda
tegar dan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
B.1.1
Memformulasikan momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar, hukum
kekekalan momentum sudut dalam bentuk persamaan.
|
|
Siswa mampu
menjelaskan momentum sudut untuk benda tegar dengan menggunakan konsep momen
inersia.
|
Menjelaskan
definisi momentum sudut untuk benda tegar dengan menggunakan konsep momen
inersia.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Siswa mampu
menggunakan momen inersia untuk berbagai benda tegar.
|
Menggunakan
momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Siswa mampu
menjelaskan hukum kekekalan momentum sudut untuk benda tegar.
|
Menjelaskan
hukum kekekalan momentum sudut pada benda tegar.
|
|
|
|
|
||
|
B.1.2
Mendiskusikan keadaan benda tegar akibat torsi.
|
|
Siswa mampu
mengungkapkan hukum 11 Newton pada gerak translasi dan rotasi.
|
Mengungkap
hukum II Newton pada gerak translasi dan rotasi.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Siswa mampu
menggunakan analog hukum 11 Newton pada dinamika gerak rotasi benda tegar.
|
Menggunakan
analogi hukum II Newton pada dinamika gerak rotasi benda tegar.
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Siswa mampu
menggunakan metematika dan logika serta mengurai lebih rinci masalah dinamika
rotasi benda tegar untuk berbagai keadaan misalnya persoaalan katrol kerekan.
|
Menggunakan
matematika dan logika serta mengurai lebih rinci masalah dinamika rotasi
benda tegar untuk berbagai keadaan misalnya persoalan katrol pada kerekan.
|
|
|
|
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar